Rabu, 11 Januari 2012

Candi Sambisari of Yogyakarta Indonesia

Candi Sambisari ditemukan pada tahun 1966 oleh penduduk dan selesai dipugar pada tahun 1987. Candi ini terletak tidak jauh dari kota Jogjakarta bahkan dari bandara Adisucipto. Candi ini termasuk candi Hindu yang ditujukan untuk menghormati Dewa Siwa. Candi ini terdiri dari candi induk dan 3 candi perwara. Candi induk berukuran 13,65 x 13,65 m dan setinggi 7,5 m.



Di candi ini tidak terdapat kaki candi sehingga alas candi merupakan kaki candi sekaligus. Di tubuh candi terdapat relung-relung yang diatasnya terdapat hiasan kepala kala. Setiap relung ditempati oleh sebuah patung: 
Dewi Durga Mahissasuramandini (utara)
Ganesa (timur)
Agastya (barat)
Sedangkan di kanan kiri terdaat relung berisi penjaga pintu yaitu: Mahakala dan Nandiswara. Di dalam candi terdapat Lingga dan Yoni.



Candi Sambisari terbuat dari batu andesit, dan diperkirakan terkubur oleh lahar dari Gunung Merapi yang meletus sehingga terletak pada 6 meter di bawah permukaan tanah. Di utara tembok terdapat penangkal lahar yang membuat arkeolog meyakini bahwa pembuat candi membuat dengan pertimbangan bahwa candi sering terkena lahar.

ayo kunjungiii!!
saya sih udahh..



-loveIndonesia-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar