Rabu, 11 Januari 2012

Candi Plaosan of Yogyakarta Indonesia

Candi Plaosan terletak tidak jauh dari Candi Prambanan di Yogyakarta. Kompleks candi Plaosan dibagi menjadi dua komplek, candi Plaosan Lor dan candi Plaosan Kidul. Candi Plaosan adalah candi Buddha. Di candi Plaosan Lor (utara) terdapat 2 candi utama dan disekelilingnya terdapat 58 candi perwara dan 58 stupa perwara dan tersusun dalam 3 deret. Pintu masuk candi utama dijaga oleh 2 arca Dwarapala. 


Candi utama Plaosan Lor

Didalam candi utama terdapat 3 bilik yang terletak berjajar utara-selatan. Pada candi utama utara, pada tiap bilik terdapat 3 arca dengan susunan arca Dhyani Bodhisatwa (Buddha Mahayana) yang bertugas menyelamatkan semua makluk hidup, dalam posisi duduk di kanan kiri arca utama yang sudah hilang. Arkeolog menyakini bahwa arca utama yang hilang adalah arca berbentuk Buddha yang terbuat dari perunggu. 

candi perwara




Candi utama kidul, mempunyai kemiripan arsitektur dengan candi utama utara sehingga tampak kembar. Kompleks candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 M dan terbuat dari batuan andesit. 
Pendopo agung candi Plaosan Lor digunakan untuk upacara puja bhakti para bhiksu secara bersama-sama. 





Candi Plaosan Kidul mempunyai sebuah candi utama yang dikelilingi 2 deret candi perwara. Candi ini dipugar pada tahun 1941. Berbeda dengan candi Plaosan Lor yang suci dan ekslusif, candi Plaosan Kidul dapat diakses oleh masyarakat bawah. 

Candi Plaosan Kidul

ayoooo kunjungiii!!
gw sihh udahhh...oyaa ini recommended banget deh,,bagusss...




udah mau tutup jadi buru-buru...

-loveIndonesia-

4 komentar:

  1. Apa itu pesugihan gunung Kemukus https://www.youtube.com/watch?v=33R53-Tka1A

    BalasHapus
  2. Manfaat puasa hari penglahiran atau puasa weton https://www.youtube.com/watch?v=BDoSgUlQ0u4

    BalasHapus
  3. 18 Ciri istri selingkuh https://www.youtube.com/watch?v=jWn_BkzE9V0&t=637s

    BalasHapus