Senin, 09 Januari 2012

Iron Pillar of Delhi India

Pilar besi di depan Quwwatul Mosque di kota New Delhi, India dibangun pada abad ke-4 M dan dipercaya dibangun pada pemerintahan Chandragupta Vikramaditya (375–413) dari Gupta Empire (Gupta_Empire). Pilar ini termasuk kategori benda bersejarah yang menyimpan misteri karena belum ditemukan cara pembuatanya oleh para arkeolog. Kenapa cara pembuatanya?


Karena pilar setinggi 7,3 meter dan berat 6,5 ton ini terbuat dari 98% besi murni dimana selama 1600 tahun tidak berkarat (besi adalah material yang mudah berkarat dan belum ada teknologi yang mencegah karatan). 98% besi murni membuktikan bahwa teknologi yang dipakai tukang besi pada jaman itu sangatlah maju (perlu dibayangkan bahwa untuk membuat besi murni hingga 98% baru bisa dilakukan dengan teknik electrolysis pada jaman modern).


Pilar ini dibangun di Jain temple complex, suatu komplek hindu yang terdiri dari 27 candi yang merupakan candi Dewa Wisnu dan juga sebagai pusat studi astronomi kerajaan Gupta, yang dihancurkan oleh Qutb-ud-din Aybak dan di tempat itu dibangun mesjid Quwwat-ul-Islam. 


 tulisan bahasa Sansekerta

terjemahan bahasa Hindi dan bahasa Inggris

Pilar itu diujung paling atas terdapat pahatan chakra dan terdapat tulisan memakai bahasa Sansekerta bertulisan tentang deskripsi pilar bahwa pilar tersebut dibangun untuk menghormati Dewa Wisnu dan memuji qualitas raja Gupta Chandragupta Vikramaditya (375-413).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar