Kamis, 05 Januari 2012

Statue of Zeus at Olympia

Yunani adalah negara dewa dimana dewa tertinggi mereka adalah Zeus. Patung yang terbuat dari perunggu ini dipahat selama 12 tahun oleh Phidias (Phidias) dan juga mengunakan banyak material berharga lain semacam lempengan emas. Patung ini dibangun pada tahun 432 BC di Olympia Yunani, daerah di sebelah barat Yunani di provinsi Peloponnesus. 


Patung ini dipahat setinggi 12m dan dalam posisi duduk (seperti banyak gambar yang mengambarkan posenya duduk). Kuil dimana patung ini berada dibangun sebagai penghormatan kepada Zeus. Kuil ini dirancang oleh Libon of Elis. Patung ini terletak di sebelah barat dalam kuil ini. Bentuk kuil Zeus mirip dengan Parthenon in Athens dan Temple of Artemis di Ephesus.







Ada dua versi pada kehancuran kuil ini yaitu yang pertama saat Raja Romawi ke-3 Caligula yang memerintahkan pemotongan kepala patung ini dan versi kedua adalah saat terjadi kebakaran besar pada th425 M.




Kuil Zeus ini ditemukan oleh arkeolog asal Prancis pada tahun 1829 dimana banyak bagian dari kuil ini masih bisa dilihat di Louvre, Prancis. Expedisi lainnya dilakukan oleh arkeolog Jerman pada tahun 1875 dan berhasil memetakan Olympia dan kuil tersebut. 


koin emas bergambar Patung Zeus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar