Rabu, 04 Januari 2012

Colossus of Rhodes

Rhodes adalah sebuah pulau kecil di Yunani. Kota di pulau ini didirikan pada th 408 BC dan menjadi salah satu pemain penting dalam sea trade in ancient world. 


Colossus of Rhodes adalah salah satu wonders of the ancient world. Patung setinggi 30 meter ini didirikan oleh bangsa Rhodes pada tahun antara 292-280 BC. Pemahat Chares of Lindos (Chares_of_Lindos) merupakan murid dari Lysippos, pematung perunggu Zeus di kota Tarentum, butuh waktu 12 tahun (304 to 292 BC) untuk menyelesaikannya. 



Pada masanya, patung ini merupakan patung tertinggi di dunia kuno. Patung ini didirikan oleh bangsa Rhodes untuk merayakan kemenangan mereka atas pengepungan Antigonus I Monophthalmus (Raja Siprus) yang dibantu oleh Demetrios Poliorketes (salah satu Jendral penerus dari Alexander the Great) pada tahun 305 BC dan dipersembahkan kepada tuhan mereka Helios.


Patung ini bertahan selama 56 tahun sebelum gempa bumi merobohkannya. Patung ini merupakan simbol persatuan bangsa Rhodes. Konstruksi patung ini terdiri dari besi, perunggu, marble dan batu.
Salah satu text di patung ini bertulisan:

"To you, o Sun, the people of Dorian Rhodes set up this bronze statue reaching to Olympus, when they had pacified the waves of war and crowned their city with the spoils taken from the enemy. Not only over the seas but also on land did they kindle the lovely torch of freedom and independence. For to the descendants of Herakles belongs dominion over sea and land."



Arkeolog masih berdebat apakah patung ini terletak di pelabuhan (sebagai petunjuk kapal akan port of rhodes) atau di Acropolis of Rhodes.

Port of Rhodes
sisa kepala
-end-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar